Home » » Sungguh Allah Maha Lembut pada HambaNya

Sungguh Allah Maha Lembut pada HambaNya

Written By dpcpksarjasari on Sabtu, 10 Agustus 2013 | 15.25

Posted: 09 Aug 2013 03:30 PM PDT

Oleh Zulfi Akmal
Cairo

Karena sifat Allah yang Maha Penyayang lagi Maha Lembut terhadap hamba-Nya, ketika seseorang melakukan kesalahan Allah tidak akan langsung mengazab hamba-Nya itu.

Bila kesalahannya didasari hawa nafsu dan syahwat, Allah akan mengirimkan pesan-pesannya supaya bertaubat. Bentuk pesannya barangkali seperti sakit, musibah, dan kesusahan. Dengan harapan, hamba-Nya menyadari segala kesalahannya dan kembali kepada jalan yang benar.

"Dan pasti Kami merasakan kepada mereka sebagian azab yang dekat (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat), mudah-mudahan mereka kembali ke jalan yang benar.(As Sajdah: 21)

Namun bila kesalahan hamba-Nya itu didasari pemikiran dan pemahaman, Allah akan mengirimkan kejadian dan peristiwa yang berbagaimacam dan silih berganti, yang akan menyingkap kesalahan-kesalahannya itu. Dengan harapan ia bisa menggunakan akalnya untuk mencerna peristiwa-peristiwa yang terjadi, dan membanding-bandingkan hakikat yang nyata, hingga ia bisa menemukan titik terang terhadap suatu kebenaran.

Untuk kedua bentuk kesalahan ini akan berlaku hal berikut: Apabila musibah, penyakit dan kesusahan, atau kejadian, peristiwa dan kenyataan itu tidak juga mampu mengembalikan akalnya kepada fitrahnya maka ada dua kemungkinan yang akan terjadi;

Boleh jadi Allah akan langsung menurunkan azab-Nya, atau membukakan betul pintu untuk berbuat kejahatan selebar-lebarnya. Hingga ketika waktu yang sudah ditentukan, Allah akan mengazabnya dengan azaban yang amat dahsyat, yang tidak seorangpun mampu mengelak darinya. Baik di dunia maupun di akhirat. Allah memberi tangguh bukan lalai atau membiarkan.

"Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka, sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa". (Al An'am: 44)

"Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, nanti Kami akan menarik mereka dengan berangsur-angsur (ke arah kebinasaan) dengan cara yang tidak mereka ketahui. Dan aku memberi tangguh kepada mereka. Sesungguhnya rencana-Ku amat teguh". (Al A'raf: 182-183)

Kesempatan bagi kita masih terbuka untuk mengoreksi kesalah, cara fikir dan pemahaman untuk seterusnya kembali kepada jalan yang benar. Jangan sampai karat dosa membutakan hati untuk menyadari kesalahan, hingga kita hidup penuh kejahatan tapi perasaan kita adalah orang baik.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Abi Tsaqif | PKS ARJASARI
Copyright © 2011. dpcpksarjasari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Abi Tsaqif
Proudly powered by Blogger